Sabtu, 28 September 2013

Tugas 2 Sistem Informasi Akuntansi

Pengantar E-Business


Pengertian E-Business dan Model E-Business

  • Pengertian E Business

E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi, riset dan sebagainya. E-business bisa terjadi dalam berbagai bentuk tahapan tergantung dari tingkat pemamfaatan jaringan komputer dan Internet, dengan kata lain seberapa digital perusahaan tersebut. Kita dapat melihat dua sisi ekstrim, sisi pertama adalah perusahaan tradisional. Sisi kedua adalah perusahaan e-business murni di mana segalanya berbentuk elektronis, dari produk atau jasa yang ditawarkan, prosesnya sampai dengan pengirimannya. 

Adapun contoh dari e-business murni adalah kalau kita memesan buku di www.Amazon.com. Proses pemesanan buku sampai pembayaran ditangani secara elektronis yang kemudian dikirimkan ke alamat pemesan lewat kurir. E-cooperation mengintegrasi filosofi bisnis, strategi, proses dan organisasi nya untuk memungkinkan konsumen berinteraksi dengan perusahaan untuk mempelajari, menggunakan sumber daya bersama, dan menerima jasa, melalui berbagai jalur dan rekanan setiap saat. E-business tercipta ketika konsumen dan partnernya berinteraksi pada semua level secara elektronis. 

E - business bukan hanya pemasaran, pembelian dan penjualan melalui internet, tetapi juga meningkatkan kinerja bisnis melalui konektivitas untuk meningkat kan pelayanan dan mengurangi biaya, serta membuka jalur baru dan mentransformasi persaningan baru. 
Dengan E - business kita dapat menghilangkan perbedaan waktu global dan wilayah geografis serta hemat. Selain itu peningkatan kinerja perusahaan dapat lebih baik. 

  • Model – model E-Business

Adapun model-model E-Business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :
1. Virtual Storefront  yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana - sarana tradisional, seperti jasa posdan kurir. Misalnya, Amazon.com, Virtual vineyards, Security first, Network bank, dll.

2. Marketplace Concentrator  yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding - bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian. Misalnya, Internet mall, DealerNet, Industrial marketplace, Insuremarket, dll.

3. Information Brokerme  yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun nilai utamanya adalah informasi yang disediakan. Misalnya : Partnet, Travelocity, Auto by Tei, dll.

4. Transaction Broker  yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi. Misalnya : etrade, ameritrade, dll.

5. Electronic Clearinghouses  yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen. Misalnya : Bid.com, Onsile, dll.

6. Reverse auction  yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.

7. Digital Product Delivery  yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.

8. Content Provider  yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau biaya akses.

9. Online Service Provider  yaitu menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras. Misalnya, Telkomnet speedy, Indosat m2, dll.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan E Business

Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.

Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.

Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun yaitu validitas, integritas, dan privasi.


Infrastruktur yang Di Butuhkan dalam E Business

Berikut ini adalah beberapa piranti yang diperlukan untuk E- Business

  • Software Komunikasi 

Peran dari software komunikasi adalah mengelola aliran data melauii suatu jaringan. Software komunikasi dirancang / didesain untuk bekerja dengan berbagai macam jenis peraturan dan prosedur-prosedur untuk pertukaran data. Dan berikut fungsi-fungsi dari Software komunikasi :

1. Pengendalian Akses
Berfungsi untuk  menghubungkan dan memutuskan hubungan dari beberapa peralatan / antar berbagai peralatan, secara otomatis memutar dan menjawab telepon, membatasi akses hanya pada para pemakai yang berwenang, serta membuat parameter seperti : kecepatan, mode, dan arah pengiriman 

2. Pengiriman Data dan File 
Berfungsi untuk mengendalikan pengiriman data, file, dan pesan-pesan diantara berbagai peralatan

3. Pendeteksi dan Pengendalian Atas Kesalahan
Berfungsi untuk memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang telah diterima.

4. Keamanan Data
Berfungsi untuk memprotect data selama pengiriman dari akses/campur tangan pihak yang tidak berwenang 

  • Beberapa Jenis Jaringan

Jaringan telekomunikasi di beberapa perusahaan dipergunakan untuk melakukan e-commers dan mengelola operasi internal yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

1. Local Area Network (LAN)

Adalah jaringan komputer yang jaringanya hanya mencakup wilayah kecil, misalnya : 
    jaringan komputer kantor, kampus, gedung pemerintahan, rumah pribadi / ruang lingkup lain yang lebih kecil. Saat ini sebagian besar LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100 atau 1000 Mbit/s. Selain Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (yang awam kita sebut wifi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi WiFi biasa kita sebut dengan hotspot area.Pada jaringan LAN, setiap node / komputer memupnyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump teminal. Setiap komputer dapat juga mengakses beberapa sumber daya yang ada di LAN sesuai akses yang telah diatur. Diantaranya berupa data / perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juda dapat berkomunikasi dengan pengguna lain menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berikut ini adalah karakteristik LAN :
a. Mempunyai pusat data yang lebih tinggi
b. Meliputi wilayah geografi yang sempit
c. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

2. Metrpolitan Area Network (MAN) 
    Pengertian Metropolitan Area Network (MAN),MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, area yang digunakan adalah dalam sebuah negara.Dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat tentunya memiliki LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. MAN biasanya mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.


sumber :
mochazmcpower.blogspot.com
http://hendidp.blogspot.com/2013/01/infrastruktur-yang-diperlukan-untuk-e.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar